Related Benarkah Orang Yang Berbaring Dan Berbicara Ketika Dikumandangkan Adzan Menjelang Wafatnya Tidak Bisa Mengucapkan Kalimat Tahlil Dan Jenazahnya Menjadi Berat? | INTISARI9 Benarkah Orang Yang Berbaring Dan Berbicara Ketika Dikumandangkan Adzan Menjelang Wafatnya Tidak Bisa Mengucapkan Kalimat Tahlil Dan Jenazahnya Menjadi Berat? | INTISARI9

Benarkah Orang Yang Berbaring Dan Berbicara Ketika Dikumandangkan Adzan Menjelang Wafatnya Tidak Bisa Mengucapkan Kalimat Tahlil Dan Jenazahnya Menjadi Berat?



IntiSari9 - Tanya : Ustadz عَفْوًا ada pertanyaan via japri, apa benar dg tulisan ini, mohon penjelasannya dong dpt Share dari teman Jangan baring ketika adzan, nanti jenazah kita berat. Dan, jangan bercakap ketika adzan, nanti kita tak dapat mengucap ketika hendak meninggal dunia. Rasulullah SAW bersabda "Sebarkan walaupun sepotong daripada ayatku"
شُكْرًا جَزِيْلاً ya ustadz

Jawab : Oleh Ustadz Muhammad Wasitho, LC, MA :
(Disusun Di BBG Majlis Hadits: Tanya Jawab Masalah 319)

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
 
Bismillah. BroadCast tsb TIDAK BENAR, karena TIDAK ADA Hadits Shohih dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam yg menerangkan bahwa barangsiapa yg berbaring ketika dikumandangkan adzan, maka jenazahnya akan berat. Dan, barangsiapa yg bercakap2 ketika adzan, maka ia tdk dapat mengucapkan (La ilaaha illallah) ketika hendak meninggal dunia.

Oleh karena itu, BroadCast tsb jangan dipercaya, apalagi dishare / disebarluaskan kecuali dengan tujuan utk memperingatkan kaum muslimin akan kedustaan dan kebatilannya.

Memang benar, seorang muslim yg mendengarkan kumandang adzan diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam agar mendengarkannya dan menjawabnya (yakni mengucapkan sbgmn yg diucapkan oleh muadzdzin). Akan tetapi, acaman2 yg disebutkan didlm BroadCast tsb bagi orang yg berbaring dan bercakap2 ketika dikumandangkan adzan adalah TIDAK SHOHIH dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.

Demikian jawaban yg dapat kami sampaikan. Smg bermanfaat.
Wallahu a'lam bish-showab. Wabillahi at-Taufiq.


sumber : salamdakwah
Benarkah Orang Yang Berbaring Dan Berbicara Ketika Dikumandangkan Adzan Menjelang Wafatnya Tidak Bisa Mengucapkan Kalimat Tahlil Dan Jenazahnya Menjadi Berat? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Teuku Opa Ardiansyah

0 komentar:

Posting Komentar