Related BERHATI-HATILAH!!! Jika Kamu Merasakan Ini, Maka Ginjalmu Bermasalah | Tolong Bagikan Agar Semuanya Lebih Berhati-hati... | INTISARI9 BERHATI-HATILAH!!! Jika Kamu Merasakan Ini, Maka Ginjalmu Bermasalah | Tolong Bagikan Agar Semuanya Lebih Berhati-hati... | INTISARI9

BERHATI-HATILAH!!! Jika Kamu Merasakan Ini, Maka Ginjalmu Bermasalah | Tolong Bagikan Agar Semuanya Lebih Berhati-hati...



IntiSari9 - Ginjal merupakan salah organ tubuh manusia yag memiliki oeranan utama dalam fungsi tubuh, tidak hanya untuk menyaring darah dan menyingkirkan produk limbah.

Ginjal juga sangat berfungsi untuk menyeimbangkan tingkat kadar elektrolit dalam tubuh, mengontrol tekanan darah dan menstimulasi produksi.

Ciri Ciri Penyakit Gagal Ginjal Akut

1. Sedikit mengeluarkan air kemih.

Ini merupakan ciri-ciri sakit ginjal akut yang utama. Jumlah air urin yang keluar saat berkemih dapat membantu dokter menegakkan diagnosis sakit ginjal akut.
Selain mengeluarkan urin yang sedikit, sakit ginjal akut dapat membuat air urin menjadi lebih gelap, keruh, bahkan kemerahan seperti warna darah.

Bila ciri-ciri sakit ginjal ini terjadi apalagi dibarengi dengan kemungkinan dehidrasi, segera kunjungi dokter atau rumah sakit terdekat.

2. Perasaan mengantuk atau tidak sadar. 

Hal ini merupakan ciri-ciri ginjal bermasalah yang umum terjadi. Biasanya penderita akan menjadi tidak responsif bila dipanggil atau diajak bicara, menjadi lebih sering melamun.

Kehilangan kesadaran ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, terutama penumpukan racun yang berlebih dan tidak dapat dibuang ke urin dan infeksi yang biasa menyebabkan penyakit ginjal.

3. Bengkak pada kaki dan tungkai. 

Kaki dan tungkai akan membesar karena adanya penumpukan cairan berlebih yang akan menumpuk di kaki Anda. Selain itu, pada sakit ginjal, kadar protein dalam darah akan berkurang sehingga dapat menyebabkan kaki menjadi bengkak.

4.Sesak nafas.

Meski biasanya gejala sesak nafas lebih dikaitkan dengan penyakit paru dan jantung, ternyata sesak nafas pun bisa disebabkan oleh sakit ginjal. Sesak nafas terutama terjadi mendadak dan pada orang yang biasanya tidak mempunyai riwayat sesak sebelumnya.

5. Diare, mual dan muntah. 

Ini sebenarnya bukanlah ciri-ciri sakit ginjal akut. Namun bila Anda menemui gejala seperti berkurangnya air urin yang diikuti dengan gejala diare serta muntah hebat, Anda perlu curiga akan kemungkinan terjadinya sakit ginjal akut.

Diare dan muntah hebat seringkali menjadi penyebab sakit ginjal akut karena banyaknya cairan yang dikeluarkan ketika BAB atau muntah.

Perlu diingat bahwa penyakit gagal ginjal akut dapat tidak bergejala dan tidak menimbulkan keluhan berarti.

Hal yang pasti adalah Anda harus menjaga asupan cairan selalu tercukupi terutama bagi mereka yang sedang sakit diare, muntah hebat, menderita penyakit infeksi atau kondisi kelainan ginjal lainnya.

Pencegahan agar tidak Terkena Penyakit Gagal Ginjal Akut

*Banyak Minum Air Putih

Salah satu hal yang bisa digunakan untuk mencegah sakit ginjal adalah dengan banyak minum air putih. Minum air putih bisa meringankan kinerja ginjal dalam melakukan sekresi, sedangkan jika orang yang kekurangan cairan bisa menyebabkan seseorang mudah terkena gagal ginjal dikarenakan menyulitkan kinerja dan fungsi ginjal. Minumlah air putih yang mengandung eletrolit sebanyak 8 gelas per harinya. Namun akibat terlalu banyak minum air putih juga fatal, jadi minumlah air secukupnya.

*Hindari Alkohol

Salah satu hal yang bisa digunakan untuk mencegah kerusakan ginjal adalah menghindari alkohol. Alkohol adalah minuman yang jika dikonsumsi dalam waktu yang lama bisa memberatkan ginjal. Hal itu dikarenakan berbagai macam kandungan yang ada di dalam alkohol bisa memberatkan kinerja ginjal. Ginjal yang diberatkan fungsinya secara terus menerus bisa mengalami kerusakan fungsi ginjal.

*Olahraga Teratur

Salah satu hal yang bisa digunakan untuk mencegah kerusakan ginjal adalah dengan melakukan olahraga teratur. Olahraga yang tidak berat namun teratur dilakukan akan lebih memiliki manfaat dibandingkan dengan olahraga yang berat namun tidak teratur.

Olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah dengan jalan santai atau jogging. Jogging bisa meningkatkan fungsi ginjal. Melakukan jogging yang tepat adalah di pagi hari, udara pagi bisa menyehatkan tubuh.

Jika anda malas melakukan jogging, anda bisa melakukan olahraga berupa bersepeda ringan selama satu atau dua jam. Bersepeda adalah cara efektif untuk bisa mencegah penyakit ginjal.


sumber : tribun-bangka
BERHATI-HATILAH!!! Jika Kamu Merasakan Ini, Maka Ginjalmu Bermasalah | Tolong Bagikan Agar Semuanya Lebih Berhati-hati... Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Teuku Opa Ardiansyah

0 komentar:

Posting Komentar