Related HEBOH!!! Sepeda Bambu Asal Temanggung Ini Telah Mendunia | INTISARI9 HEBOH!!! Sepeda Bambu Asal Temanggung Ini Telah Mendunia | INTISARI9

HEBOH!!! Sepeda Bambu Asal Temanggung Ini Telah Mendunia




IntiSari9 - Dari sebuah kota kecil di Jawa Tengah, Singgih Susilo merintis sepeda bambu yang kini terkenal hingga manca negara. Singgih Susilo yang tinggal di Desa Kandangan, Kabupaten Temanggung sukses karena memanfaatkan bambu yang banyak ditemukan di sekitar rumahnya. Bambu yang banyak ditemu di sekitar rumahnya ini awalnya hanya mempunyai nilai ekonomis yang rendah. Namun di tangannya Singgih Susilo, bambu ini menghasilkan nilai ekonomis yang sangat tinggi.
“Warga jual pring (bambu) itu maksimal 50.000 satu bambu. Padahal untuk ukuran yang sama bisa saya buat beberapa rangka sepeda dengan minimal harga Rp 3,5 juta,”

Singgih Susilo yang seorang alumnus program desain Institut Teknologi Bandung memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya untuk merealisasikan pemikirannya semasa kuliah. Bagi Singgih, sepeda bambu merupakan ekspresi dari kekayaan alam desa yang tidak henti-hentinya bisa dieksplorasi. Seluruh potensi bisa dikembangkan dipoles dengan harga yang lebih baik.

Sebenarnya sebelum membuat sepeda bambu ini, ia sempat merealisasikan ide semasa kuliahnya yang lain yaitu dengan membuat Radio Kayu. Harga komponen yang tinggi tidak membuatnya menyerah, ia membeli radio bekas dan diotak atiknya sendiri. Radio buatannya ini kemudian menjadi terkenal hingga diterima oleh Rahmad Gobel.

Singgih membuat sepeda bambu karena ramah lingkungan, namun karena keterbatasan skill dan tenaga, sepeda bambu ini hanya dibuat secara sangat terbatas. Ia mengaku sampai hari ini baru memproduksi sekitar 80 sepeda bambu yang dijual hingga ke pasar internasional.

Selain sepeda bambu dan radio kayu, berbagai desain bambu yang dihasilkan oleh Singgih sudah banyak dipakai dalam acara acara berkelas internasional. Salah satunya adalah kursi bambu yang digunakan Keraton Yogyakarta untuk menyambut tamu asing. Kursi dengan desain yang sama dipakai juga di festival buku di Jerman.
 
“Ilmu saya di sini. Di depan laptop, kita bisa berkomunikasi dengan dunia, bahkan dari India datang belajar ke sini. Perusahaan internasional juga menjadikan produk saya sebagai ikon,”

Menurut Singgih desa sebenarnya mempunyai potensi yang sangat luar biasa kalau bisa dikembangkan. Selain itu desain dan produk yang dibuat di desa akan membuat orang tertariuk untuk datang dan mengunjungi desa, dengan kata lain ini sangat baik untuk peningkatan ekonomi di desa tersebut.

Jadi sebenarnya tanpa meninggalkan desa tempat tinggal sehari hari orang bisa saja meraih kesuksesan. Contohlah Singgih yang berhasil memanfaatkan bambu yang tidak mempunyai nilai ekonomis tinggi menjadi sebuah komoditi yang bernilai jual sangat tinggi. Bahkan, melalui Magno (komunitas yang dibina Singgih) ia mendapat penghargaan grand award dari dari Inggris. Dari desa ternyata bisa berkibar tinggi

Apakah anda akan menjadi Singgih selanjutnya yang memanfaatkan apa yang ada di sekeliling anda untuk meraih kesuksesan?

sumber : hellopet
HEBOH!!! Sepeda Bambu Asal Temanggung Ini Telah Mendunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Teuku Opa Ardiansyah

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus