Related Misteri Asal Usul Emas Monas dan Misteri Teuku Markam | INTISARI9 Misteri Asal Usul Emas Monas dan Misteri Teuku Markam | INTISARI9

Misteri Asal Usul Emas Monas dan Misteri Teuku Markam



Monumen Nasional atau yang biasa disebut dengan Monas ini memang sudah tidak asing lagi bagi warga negara Indonesia, khususnya warga Jakarta. Monas yang terletak tepat di jantung ibu kota negara dan pemerintahan Republik Indonesia ini terlihat sangat gagah menjulang tinggi, seolah mengalahkan kemegahan berbagai bangunan di sekelilingnya.
Menurut sejarahnya, bangunan setinggi 128,70 meter ini dibangun pada masa pemerintahan Soerkarno. Monas mulai dibangun pada bulan Agustus 1959 dan diresmikan dua tahun kemudian pada 17 Agustus tahun 1961 oleh presiden Soekarno. Kemudian Monas mulai dibuka untuk umum sejak 12 Juli 1975.
Keseluruhan bangunan Monas ini dirancang oleh tiga orang arsitek yang ditunjuk oleh Soekarno, yakni Soedarsono, Frederich Silaban dan Ir. Rooseno.
Monas yang didirikan untuk memperingati semangat perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia ini disimbolkan dengan lidah api yang tak pernah padam di pucuk Monas. Lambang lidah api tersebut dibuat dengan berbahan dasar emas. Namun tahukah anda asal usul emas yang terdapat di pucuk Monas? Pemberian siapakan emas tersebut?
Emas di pucuk Monas memiliki total berat 38 kilogram, namun 28 kilogramnya konon adalah pemberian seorang saudagar kaya raya asal Aceh bernama Teuku Markam. Emas itu sendiri diambil dari tambang emas yang berada di Lebong, Provinsi Bengkulu. Emas itu diberikan oleh Teuku Markam karena kala itu dirinya memang memiliki kedekatan dengan presiden Soekarno.
Siapa Teuku Markam?  
Pada masa pemerintahan Soekarno, Teuku Markam dikatakan memiliki andil besar dalam memajukan perekonomian bangsa Indonesia. Diantaranya, dia tercatat sebagai salah seorang yang ikut membebaskan Senayan untuk dijadikan sebagai pusat olah raga terbesar di Indonesia. Tidak hanya itu saja, andil Teuku Markam juga terlihat pada pembangunan infrastruktut di Aceh dan Jawa Barat dan juga jalan Medan-Banda Aceh. Atas peran terselubungnya itulah Teuku Markam sempat dijuluki sebagai kabinet bayangan pada masa pemerintahan Soekarno.
Namun kemudian nama Teuku Markam sendiri seolah menghilang begitu saja, bahkan generasi sekarang banyak yang tidak mengetahui sosok Teuku Markam ini.  Akan tetapi bila ditilik kembali mengenai sejarah Teuku Markam, seoran sejarawan dari Universitas Indonesia, Anhar Gonggong mengaku tidak mengetahui dengan pasti mengenai kebenaran Teuku Markam sebagai seorang saudagar kaya yang menyumbang emas buat Monas. Namun mengenai sejarah antara Markam dan Soekarno yang memiliki kedekatan itu diakui Anhar memang benar. Selain itu mengenai sosok Markam yang sebagai saudagar kaya raya asal Aceh dibenarkan olehnya.
Setelah Soekarno lengser dan berganti dengan era Soeharto, Teuku Markam merupakan salah satu saudagar kaya yang namanya tenggelam. Ada pula kabar yang mengatakan Teuku Markam diasingkan dan dipenjara serta dituduh sebagai antek PKI. Memang mengenai kebenaran berita ini masih belum ada bukti yang cukup kuat, namun atas segala jasa Markam yang pernah diberikan kepada bangsa Indonesia, sudah semestinya Teuku Markam pantas disebut sebagai salah satu pahlawan Indonesia. (VAL/berbagaisumber)
Sumber : http://www.sayangi.com

Misteri Asal Usul Emas Monas dan Misteri Teuku Markam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nur Azmi Tamar

2 komentar: