Related Ternyata Ini Tanda-Tanda dan Masa Puber Kedua Pada Pria | INTISARI9 Ternyata Ini Tanda-Tanda dan Masa Puber Kedua Pada Pria | INTISARI9

Ternyata Ini Tanda-Tanda dan Masa Puber Kedua Pada Pria



Setiap muslimah yang telah memiliki pasangan mesti tahu bahwa suaminya bisa saja mengalami masa puber yang kedua kalinya. Waktu dan tanda puber kedua para pria terdapat beberapa perbedaan dan juga kesamaan.

Namun tak semua pria mengalaminya. Jadi jika memang pria bisa mengalami masa puber kedua, diusia berapakah mereka akan merasakannya?

Masa Puber Kedua Pada Pria


Dalam buku Menyikapi Tingkah Laku Suami karangan dari Abdul Ghoffar, disebutkan bahwa pria akan mengalami masa puber yang kedua sekitar pada usia 35 hingga 45 tahun. Sementara menurut referensi yang lain disebutkan bahwa masa tersebut akan terjadi pada kisaran 40 tahunan. Umur tersebut mengingatkan kita dimana Allah mengkhususkan umur tersebut sebagai waktu usia dewasa.


“Sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai 40 tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmatMu yang Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat mengerjakan amal yang shalih yang Engkau ridhai; berikan kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepadaMu dan sesungguhnya aku termasuk orang yang berserah diri”. (QS Al Ahqaf 15)

Melihat kenyataan tersebut, semakin penasaran seperti apa tanda puber kedua yang dialami oleh pria?
Secara fisiologis terdapat tiga tanda yang bisa dilihat dan secara psikologis, kita bisa merasakan tiga tanda-tandanya.

1. Tumbuhnya Rambut Tambahan

Saat seorang pria mengalami masa puber kedua, maka perkembangan yang nampak pada dirinya adalah dengan tumbuhnya rambut tambahan yang lebih panjang atau lebat. Rambut ini biasanya tumbuh di punggung. Bisa juga semakin panjangnya rambut yang ada di hidung ataupun telinga.

2. Perkembangan Fisik

Masa puber sering dikaitkan juga dengn perkembangan fisik yang drastis. Hal ini pula yang dialami oleh pria saat merasakan puber kedua dimana pertumbuhan fisik akan berlangsung dengan cepat dan membuat bagian tubuh tertentu menjadi tidak seimbang atau proporsional.

3. Berubahnya Suara

Saat mengalami puber pertama, seorang pria akan mengalami perubahan suara dimana suaranya menjadi berat dan besar. Sementara untuk puber kedua, seorang pria akan kembali lagi mengalami perubahan suara namun menjadi lebih dalam.



Tanda-Tanda Puber Kedua Pada Pria


Tak hanya perubahan secara fisik saja yang dialami oleh pria saat puber kedua, namun secara psikologis pun pria akan merasakan perubahan dimana munculnya ketertarikan lebih pada lawan jenis. Tak salah jika para pria 40 tahunan tersebut mulai kembali memperhatikan penampilannya dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tiga perubahannya yaitu:

1. Senang Akan Penampilan Yang Modis

Sifat yang akan terasa berbeda nampak dari penampilannya dimana seorang pria yang mengalami puber kedua akan lebih tampil modis dan mengikuti perkembangan jaman. Entah itu dari bajunya, celananya maupun aksesoris yang mendukungnya.

2. Rambut Kembali Disisir Dengan Rapi

Saat seorang pria berada pada usia 30-an, biasanya ia tidak terlalu memperhatikan penampilan rambutnya apakah baik ataupun tidak. Namun berbeda jauh saat menginjak usia 40-an dimana ia mulai kembali memperhatikan penampilan yang salah satunya adalah soal rambut. Jika suami Anda mengalami hal tersebut, bisa dipastikan ia tengah dilanda puber kedua.

3. Senang Menggunakan Wewangian

Tak hanya di luar rumah, namun seorang pria dalam masa puber kedua senang menggunakan minyak wangi meski berada dalam rumah. Jadi jangan heran jika seisi rumah terasa akan wewangian yang ditebarkan oleh pasangan Anda.

Cukup mengkhawatirkan juga mengenai masa puber kedua pria yang menjadi pasangan hidup kita. Namun jika kita bisa menyikapinya dengan bijak dan tepat, maka keadaan seperti itu akan mengharmoniskan keluarga yang telah dibangun. Lalu bagaimana cara mengatasinya?
Ternyata Ini Tanda-Tanda dan Masa Puber Kedua Pada Pria Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nur Azmi Tamar

1 komentar: